Detail Cantuman

Text
Aimasi Lapisan Struktur Bumi Pada Buku Geografi Dengan Menerapkan Teknologi Augmented Reality
Manfaat teknologi pada saat ini sudah sangat mempengaruhi kehidupan manusia, dengan diciptakannya mesin atau alat canggih yang dipergunakan manusia kebutuhan manusia. Sejalan dengan perkembangan tersebut, muncullah teknologi realitas tertambah atau biasa discbut dengan Augmented Reality (AR) Augmented Reality adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata. demi tercapainya Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality pada Buku Geografi yang didalamnya membahas lapisan struktur bumi, yang menyajikan desain interaktif tiga dimensi model lapisan struktur bumi dimana dapat memberikan kontribusi yang positif pada perkembangan kecerdasan siswa dalam memahami materi yang didalamnya yang membahas lapisan struktur bumi. Metode yang digunakan untuk menguji pencapaian tujuan penelitian adalah dengan mensisipkan marker pada halaman buku geografi SMA kelas X yang akan menampilkan desain interaktif 3D model lapisan struktur bumi didepan webcam dan ditampilkan dalam monitor komputer. Hasil dari penelitian ini adalah menyajikan desain interaktif tiga dimensi dimana obyek lapisan struktur bumi dipetakan dari 2D ke 3D yang dilengkapi dengan animasi. Setelah melakukan tahapan, uji coba dan implementasi pengujian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Marker yang telah dibuat dan dicetak dapat dikenali pada kamera/webcam. 2) Aplikasi augmented reality dapat menampilkan Lapisan Struktur Bumi. 3) Software library Artoolkit yang digunakan dapat berfungsi dengan baik dan dapat membaca format wrl dengan baik. 4) Tekstur model 3D objek lapisan struktur bumi dapat dibaca dan ditampilkan pada webcam. 5) Model 3D objek lapisan struktur bumi dapat muncul pada monitor diatas marker yang telah disisipi pada brosur. 6) Penerapan aplikasi Augmented Reality berhasil pada marker. 7) Ukuran marker sangat berpengaruh pada nilai jarak minimum dan maksimum antara kamera dan marker. Pola marker dapat mempengaruhi hasil virtual. Marker dengan pola sederhana dan kompleks dapat menampilkan objek yang tetap. Sedangkan untuk marker dengan pola simetris, objek yang ditampilkan berubah posisinya. Kata
Ketersediaan
TI120012 | TI2012 ASR a | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TI2012 ASR a
|
Penerbit | UIN Alauddin Makassar : Fakultas Sains dan Teknologi., 2012 |
Deskripsi Fisik |
xv, 73 hlm.: ilus.; 29 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
TI2012
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Asrul Try Hasbullah
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain