Detail Cantuman

Text
Sistem Informasi Geografis Pada Kelurahan Manggala Dengan Menggunakan Aplikasi Augmented Reality.
Penelitian ini merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Pada eksperimen yang dilakukan. Dimana dari data-data yang diperoleh nantinya, peneliti dapat membangun Aplikasi yang dapat memvisualisasikan Manggala Permai yang ada pada Kelurahan Manggala. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu 1) Field Research adalah data yang diperoleh melalui obserfasi dan survey langsung. 2) Library Research adalah data yang diperoleh mealalui data dan informasi dari membaca karya ilmiah, literature dan dokumen-dokumen lainnya. Metode yang digunakan dalam menguji pencapaian tujuan penelitian adalah metode black box dimana metode ini memfokuskan pada keperluan fungsional dari software, dengan membuat map/peta yang disisipi marker yang akan menampilkan desain interaktif 3D model rumah didepan webcam dan ditampilkan dalam monitor Komputer. Langkah pengujian yang akan dilakukan adalah menguji jarak dan kemiringan (sudut pandang) kamera terhadap marker dan jenis pola marker, dengan ukuran resolusi kamera 640 x 480 pixel dan dengan cahaya lampu ruangan. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan sistem informasi geografis kedalam bentuk 3D. Metode yang digunakan adalah metode black box. Penelitian ini merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Pada eksperimen yang dilakukan. Dimana dari data- data yang diperoleh nantinya, peneliti dapat membangun Aplikasi yang dapat memvisualisasikan Manggala Permai yang ada pada Kelurahan Manggala Setelah melakukan tahapan, uji coba dan implementasi pengujian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Marker yang telah dibuat dan dicetak dapat dikenali pada kamera/webcam. 2) Aplikasi augmented reality dapat menampilkan perumahan manggala dengan baik. 3) Software library Artoolkit yang digunakan dapat berfungsi dengan baik dan dapat membaca format wrl dengan baik. 4) Tekstur model 3D objek rumah dapat dibaca dan ditampilkan pada webcam. 5) Penerapan aplikasi Augmented Reality berhasil pada marker. 6) Model 3D objek perumahan dapat muncul pada monitor diatas marker yang telah disisipi pada brosur. 7) Ukuran marker sangat berpengaruh pada nilai jarak minimum dan maksimum antara kamera dan marker. Pola marker dapat mempengaruhi hasil virtual. Marker dengan pola sederhana dan kompleks dapat menampilkan objek yang tetap. Sedangkan untuk marker dengan pola simetris, objek yang ditampilkan berubah posisinya. Hasil dari penelitian ini adalah peta digital posisi perumahan Manggala dan juga model perumahan manggala serta konstruksinya untuk berbagai tipe rumah.
Ketersediaan
TI120033 | TI2012 REZ s | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TI2012 REZ s
|
Penerbit | UIN Alauddin Makassar : Fakultas Sains dan Teknologi., 2012 |
Deskripsi Fisik |
xv, 73 hlm.: ilus.; 29 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
TI2012
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Reza Pratama Putra
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain