Detail Cantuman

Text
Rancangan Alat Peraga Taman Kanak-Kanak Berbasis Interactive Whiteboard
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi pendidikan bagi anak manusia untuk menempuh pendidikan. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Dalam proses pembelajarannya PAUD ditunjang dengan penggunaan alat peraga. Dalam penelitian ini, alat peraga yang akan dibuat berupa animasi interaktif Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan metode penelitian eksperimen. Animasi interaktif yang dibuat terdiri dari 5 bagian yaitu animasi mengenal huruf, warna, bentuk, buah dan binatang. Animasi dibuat menggunakan software 3D Flash Animator. Kemudian animasi akan dijalankan menggunakan software Macromedia Flash Player. Agar menjadi lebih interaktif dibandingkan animasi berbentuk video atau animasi yang hanya menggunakan komputer secara langsung, maka alat peraga ini menerapkan teknologi interactive whiteboard (Wiimote whiteboard) dalam penggunaannya. Wiimote whiteboard merupakan salah satu jenis interactive whiteboard. Wiimote whiteboard merubah setiap permukaan datar menjadi Interactive Whiteboard dengan menggunakan wii remote, pena inframerah, perangkat Bluetooth dan layar (gambar proyeksi, monitor layar) serta aplikasi WiimoteWhiteboard. Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Bar Testing. Pengujian animasi alat peraga dilakukan dengan cara mengetes semua fungsi tombol animasi. Fungsi WiimoteWhiteboard diuji dengan melihat apakah input dari IR pen yang diteruskan wiimote ke komputer dapat diterjemahkan sebagai pointer mandiri terhadap komputer. Kalibrasi WiimoteWhiteboard diuji dengan melihat kesesuaian antara area yang disentuh IR pen yang ditekan pada media layar sesuai dengan area pada layar komputer. Penggunaan alat peraga diují dengan mengontrol animasi melalui perangkat Wiimote Whiteboard. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa animasi yang halaman awalnya berupa tombol-tombol berbentuk huruf, warna, bentuk, buah atau binatang. Jika tombol tersebut diklik maka di layar akan ditampilkan gambar dan suara yang berkaitan dengan tombol yang diklik. Proycktor menampilkan animasi dari komputer ke media layar (papan putih atau box yang penutupnya kaca berlapis kertas putih). Sedangkan IR pen yang berfungsi sebagai pointer tersendiri bagi komputer, digunakan untuk menekan (klik) tombol animasi yang ditampilkan di media layar
Ketersediaan
TI130010 | TI2013 HAZ r | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TI2013 HAZ r
|
Penerbit | UIN Alauddin Makassar : Fakultas Sains dan Teknologi., 2013 |
Deskripsi Fisik |
xiv, 106 hlm.: ilus.;29 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
TI2013
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain