Detail Cantuman

Text
Augmented Reality Gesture Alat Peraga Bangun Datar Dan Bangun Ruang Menggunakan Kinect
Pada pembelajaran matematika kelas 1 SD, terdapat materi pembelajaran tentang pengenalan bentuk bangun datar dan bangun ruang berdasarkan dimensinya sehingga diperlukan suatu alat peraga atau media yang dapat digunakan sebagai jembatan bagi peserta didik untuk berfikir abstrak, memudahkan dalam menyamakan presepsi antara siswa dan guru pada saat proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang sebuah alat peraga dalam pengenalan bentuk bangun datar dan bangun ruang berdasarkan dimensi. Metodologi penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana strategis yang digunakan adalah Design and Creation. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Metode perancangan yang digunakan adalah waterfall dan teknik pengujian yang digunakan adalah Black Box Analisis dan perancangan sistem pada aplikasi ini menggunakan analisis kebutuhan software, pengambilan gambar sensor kinect, analisis pengenalan objek kerangka dan perancangan aplikasi yang menjelaskan alur program pada pembuatan aplikasi. Aplikasi ini menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan menggunakan interaksi tangan (Gesture Based) pada alat peraga agar siswa bisa membedakan bentuk bangun 2D dan 3D dalam pembelajaran pengenalan bentuk bangun dengan metode Games Education sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika Sekolah Dasar kelas 1 sesuai kurikulum tematik 2013 dalam mengenal bangun datar dan bangun ruang berdasarkan dimensi.
Ketersediaan
TI140019 | TI2014 MEI a | My Library | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TI2014 MEI a
|
Penerbit | UIN Alauddin Makassar : Fakultas Sains dan Teknologi., 2014 |
Deskripsi Fisik |
xiii, 56 hlm.: ilus.;29 cm.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
TI2014
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain